Cara Install Windows 10, Lengkap Step by Step dan Screenshot

Semestakomputer.com, Install Windows - sistem operasi yang paling sering digunakan pengguna komputer di indonesisa adalah windows. Selain mudah digunakan sistem operasi windows mempunyai dukungan aplikasi terbaik. Artikel ini akan menjelaskan cara install ulang windows 10

Windows 10 Profesional

Panduan dilengkapi dengan gambar agar lebih mudah di ikuti. Tapi jika anda ragu lebih baik menggunakan jasa install ulang windows. Agar data anda tidak beresiko hilang ketika proses install berlangsung.

Booting Windows 10 Dengan DVD/USB

Untuk mengikuti panduan dari artikel cara install windows 10. Anda perlu menyiapkan CD installer windows atau USB installer windows. Cara paling mudah adalah membeli installer windows. Tapi anda juga bisa download file iso windows 10 di sites resmi. Membuat DVD/USB installer sebenarnya cukup mudah. Anda bisa baca cara membuat bootable DVD/USB windows.

Setelah installer windows siap, nyalakan komputer dan mengarahkan booting ke DVD/USB installer windows. Baca juga cara booting komputer dari DVD/USB.

Lihat tampilan awal booting Windows 10 dibawah:

Install Windows 10

Cara Setting Install Windows 10

Setting Keyboard Install Windows 10

Dari gambar diatas anda harus memilih bahasa, format waktu dan mata uang. Hal terpenting adalah anda harus mengatur input keyboard ke US. Selanjutnya klik "Next"

Mulai Install Windows 10

Untuk melanjutkan proses install windows 10 klik "Install Now"

Masukan Produk Key Windows 10

Sampai disini anda harus memasukan product key atau lisensi windows 10. Panjang lisensi 25 karakter dan lanjutkan klik "Next"

Pilih Install Windows 10 Pro

Jika yang anda gunakan installer windows tunggal anda bisa langsung klik "Next". Tapi karena contoh disini menggunakan installer windows ganda. Anda perlu memilih versi windows yang ingin di install dan lanjutkan klik "Next".

Install Windows Licence Terms

Terlepas anda membaca atau tidak, untuk melanjutkan install windows 10. Anda perlu centang "I accept the licence terms". Selanjutnya klik "Next" untuk melanjutkan proses install.

Install Windows 10 Upgrade dan Custom

Sampai disini anda dihadapkan 2 pilihan yaitu upgrade dan custom. Kalau anda pilih yang upgrade, install windows otomatis akan menggunakan partisi yang sudah ada.

Tapi kalau anda pilih custom, anda dapat menentukan sendiri partisi atau harddisk mana yang ingin digunakan untuk install windows. Bahkan anda bisa merubah semua partisi harddisk yang ada.

Memilih Partisi Harddisk Windows 10

Umumnya harddisk komputer akan dibagi menjadi dua atau lebih partisi. Kapasitas partisi tidak harus sama, bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Biasanya di partisi pertama akan digunakan untuk sistem windows dan diberi label drive C

Partisi lainya yang biasanya untuk menyimpan data akan mengunakan lable drive D dan seterusnya secara urut. Dengan begitu data penting tidak tercampur dengan sistem windows. Jika suatu saat diperlukan install windows lagi data tidak akan hilang kecuali ada kesalahan dalam memilih partisi saat proses install.

Partisi Install windows

Dari contoh diatas kami memilih harddisk berkapasitas 32GB. Harddisk ini akan dibagi menjadi 2 partisi. Pertama sebesar 20GB untuk sistem windows dan sisanya dipartisi untuk menyimpan data.

Pilih harddisk dan klik "New" untuk membuat partisi baru.

Masukan kapasitas yang diinginkan pada contoh ini 20000 untuk membuat partisi dengan kapasitas +-20GB, lalu klik "Apply"

Partisi Install windows

Secara default windows akan membuat partisi tambahan untuk menyimpan system boot, klik "OK" untuk melanjutkan.

Partisi Install windows

Pilih drive yang belum dipartisi pada contoh 12.5GB dari sisa kapasitas setelah membuat partisi pertama. Klik "New" dan lanjutkan klik "Apply" maka partisi kedua telah selesai.

Pilih Partisi Install windows

Untuk melanjutkan proses install windows pilih partisi berkapasitas 19GB lanjutkan klik "Next" dengan begitu proses install dimulai.

Proses Install Windows

Anda harus menunggu sampai install selesai dan komputer akan restart secara otomatis.

Restart Install Windows

Setting Personalisasi

Sampai disini sebenarnya install windows sudah selesai. Tapi anda perlu melakukan setting personalisasi. Tujuannya adalah pembuatan user di komputer.

Setting Personalisasi Install Windows

Klik "Use Express setting" untuk pengaturan yang lebih mudah.

Setting Personalisasi Install Windows
Setting Personalisasi Install Windows

Klik "I own it" jika ini untuk komputer pribadi atau "My work or school owns it" untuk komputer yang digunakan secara umum, lanjutkan klik "Next".

Setting Personalisasi Install Windows
Setting Personalisasi Install Windows

Pada tahap ini anda juga bisa menghubungkan akun microsoft dengan mengisi user dan pass. Jika tidak anda bisa langsung klik "Skip this step".

Setting Personalisasi Install Windows

Disini anda harus menigi user dan tidak harus mengisi pass, selanjutkan klik "Next".

Setting Personalisasi Install Windows

Samapi disini kami sarankan anda memilih "Use Cortana". Fitur ini nantinya tetap bisa dimatikan.

Proses Install Windows Selesai

Install Windows Selesai
Install Windows Selesai
Install Windows Selesai
Install Windows Selesai
Install Windows Selesai
Install Windows Selesai
Install Windows Selesai

Sampai tahap ini proses install windows benar-benar selesai.

Matikan Komputer

Shutdown Windows 10

Matikan komputer dengan klik logo windows di pojok kiri. Lanjutkan klik power dan klik shut down.

Shutdown Windows 10

Jika anda merasa kesulitan mengikuti artikel panduan install windows ini. Silahkan meninggalkan komentar agar kami bisa membantu memecahkan masalah anda.

Comments